Akuntansi Keuangan

Ada perbedaan antara akuntansi dan keuangan, hal ini patut untuk diketahui bagi siapa saja yang terlibat dalam kegiatan bisnis. Ada banyak kebingungan soal perbedaan antara akuntasi dan keuangan, masalahnya lagi kedua istilah tersebut sangat penting perannya bagi pengambilan keputusan aktivitas bisnis. Akuntansi berperan penting dalam memberikan informasi dan solusi terhadap kegiatan keuangan pada suatu bisnis. Akuntansi juga memberikan kepada pihak eksternal, seperangkat tools untuk memahami kondisi keuangan perusahaan, sehingga mereka bisa menilai feasibilitas atau kinerja suatu bisnis melalui laporan akuntansi. Inilah peran penting akunting untuk proses operasional bisnis.

Training Akuntansi dan Keuangan

Berikut ini adalah training akuntansi dan keuangan yang diselenggarakan oleh Edukatama :

  • Training Manajemen Payroll Perusahaan.¬†Training Manajemen Payroll akan membahas bagaimana memahami sistimatika dan unsur-unsur manajemen payroll, mengerti konsep, proses payroll termasuk BPJS.

Perbedaan Akuntansi dan Keuangan

Perbedaan akuntansi dan keuangan adalah sebagai berikut : akuntansi secara mendasar berfungsi untuk mencatat dan melakukan pengelompokan dari seluruh transaksi sehingga dihasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh organisasi dengan informasi yang akurat dan sesuai kebutuhan top management. Secara umum, setiap negara, memiliki standar dan aturan yang berbeda satu sama lainnya, perbedaannya terletak dalam bagaimana proses pengaturan dan pengelompokan transaksi dilakukan.

Dari proses kegiatan akuntansi inilah dihasilkan sebuah laporan keuangan yang biasanya terdiri dari laporan neraca dan laba-rugi. Keuangan itu sendiri adalah merupakan aktivitas dan kemampuan dalam menggalan pencarian uang atau dana, mengelola, dan mengeluarkannya untuk suatu pembayaran. Dalam proses keuangan tidak terdapat aturan ataupun standar baku seperti dalam akuntansi. Pencarian dana bisa dilakukan dengan penjualan saham, pinjaman bank, dan sebagainya.

Akuntansi dan Keuangan

Akuntansi Keuangan

Kemudian apa pula yang dimaksud dengan Akuntansi Keuangan? Kalau dari garis besarnya, terma akuntansi lebih berfokus pada “pencatatan transaksi keuangan” dimana pencatatan dilaksanakan dalam bentuk pendataan yang sistematis dan lengkap serta dicatat secara spesifik dalam suatu periode tertentu. Akuntansi keuangan adalah suatu bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan berupa neraca, laba/rugi, perubahan modal dan arus kas kepada pihak eksternal, yaitu : investor, stakeholder, supplier, kreditur, dan pemerintah.

Fungsi Akuntansi Keuangan

Untuk fungsinya akuntansi keuangan adalah sebagai berikut :

  1. Laporan keuangan berfungsi sebagai penyedia informasi untuk menilai kinerja perusahaan untuk membayar dividen, kalau ditinjau dari kepentingan pemegang saham.
  2. Di pihak investor, laporan akuntansi keuangan memberikan deskripsi informatif atas perkembangan dana yang diinvestasikan kepada perusahaan.
  3. Bagi kreditur, berfungsi sebagai sarana informasi untuk menilai kesanggupan pembayaran hutang.
  4. Khusus bagi supplier, mengetahui apakah tagihan mereka dapat dibayar atau tidak.
  5. Bagi pemerintah, berdasarkan informasi laporan ini, ditentukan pajak yang seharusnya bisa ditarik.

Akuntansi dan Keuangan

Tahapan Belajar Akuntasi Keuangan

Berikut ini adalah proses mempelajari akuntansi keuangan :

  1. Pengantar Akuntansi Dasar. Dalam tahapan ini dipelajari pengertian mengenai persamaan dasar akuntansi, siklus akuntasi, penyusunan kode akun, pencatatan transaksi dan perkiraan, jurnal umum, dan kertas kerja laporan keuangan.
  2. Akuntasi Keuangan Menengah. Pada tahapan ini dipelajari proses penyusunan laporan keuangan, akuntansi biaya, pemahaman prosedur akuntansi dan keuangan serta kebijakan dan prosedur berkenaan kas, persediaan, aktivita tetap, utang, dan pajak.
  3. Akuntansi Keuangan Lanjutan. Di tahapan lanjutan ini meliputi proses pembentukan persekutuan, penggabungan usaha, integritas penyajian laporan keuangan, perubahan kepemilikan saham, konsinyasi, likuidasi, dsb.

Informasi Training dan Pendaftaran

Untuk informasi lebih lanjut mengenai training dan sertifikasi silahkan kontak kami melalui telp/WA sebagai berikut : 083806072080 atau 0811-8888-657 atau kunjungi kantor kami : Jl. Usman Harun UU Komplek Arafat No. F3 Kebon Pala, Kec. Makasar, Jakarta Timur.