08

Oct

Training Emergency Response Plan and Preparedness

Tgl. 8-9 Oktober 2019.

Training Emergency Response Plan

TRAINING Emergency Response Plan and Preparedness

Pernahkah terfikir oleh Anda, bahwa ada ancaman bahaya yang mungkin mendatangkan musibah besar dalam hidup Anda. Dalam hal ini bencana tersebut seperti kebakaran, gempa, tsunami, badai, banjir bahkan kerusuhan demo yang semakin menjadi budaya di lingkungan masyarakat kita. Lalu bagaimana tindakan Anda untuk mengantisipasi kejadian tersebut. Karena kejadian tersebut sangatlah tidak terduga, bahkan Anda tidak pernah tau bagaimana dan kapan kejadian tersebut akan Anda alami. Emergency Response Plan and Preparedness melibatkan koordinasi, kerjasama operasi untuk persiapan menghadapi kebutuhan mendesak dengan sumberdaya ada. Prosesnya dimulai dari penelitian, penulisan, sosialisasi, pengujian, dan pembaruan. Jelasnya Emergency Response Plan mesti menjadi “living document” yang secara periodik diadaptasi sesuai perubahan lingkungan dan menjadi pedoman sebagai protokol, prosedur, dan pembagian tugas tanggungjawab sebagai respon kedaruratan.

PENTINGNYA EMERGENCY RESPONSE PLAN

Emergency Response Plan merupakan suatu kegiatan eksplorasi proses yang menyediakan prosedur generik untuk menangani dampak yang tidak terlihat dengan hati-hati melalui skenario antisipasi menghadapi bahaya yang tidak terlihat saat bahaya tersebut menghampiri. Perencanaan dikembangkan khususnya untuk sektor tertentu seperti : edukasi, kesehatan, industri, dan perdagangan. Selain itu perencanaan juga harus berlapis dimulai dari tim emergency lokal, bertahap hingga sampai tim emergency di level nasional atau internasional. Kegagalan dalam perencanaan kedaruratan dapat dianggap sebagai kelalaian karena akan menyebabkan kegagalan untuk mengatisipasi kebutuhan yang diperlukan agar dapat menghadapi kondisi kedaruratan.

KEBERLANGSUNGAN BISNIS

Perencanaan kedaruratan dibutuhkan bukan hanya untuk mengantisipasi bencana, tapi juga untuk mendukung keberlangsungan bisnis saat menangani krisis dan sebagai pedoman pemulihan serta rekonstruksi secara efektif. Menghadapi bencana adalah suatu proses sosial yang membutuhkan dukungan publik khususnya terkait inisiatif dan partisipasi berbagai kalangan  seperti pakar teknis dan masyarakat. Mesti dipastikan keberlangsungannya di tengah tantangan keterbatasan sumberdaya yang tidak terbarukan, perubahan iklim, pertumbuhan penduduk, dan ketimpangan kesejahteraan.

PELATIHAN EMERGENCY RESPONSE PLAN AND PREPAREDNESS

Oleh sebab itu Anda harus mempersiapkan diri apabila hal tersebut menimpa diri Anda. Tanpa persiapan yang baik dalam menghadapi keadaan darurat seperti ini, akan menimbulkan kepanikan atau mungkin akan menimbulkan kerugian yang sangat besar untuk Anda pribadi maupun untuk perusahaan. Itulah sebabnya mengapa sebuah perusahaan harus membentuk tim tersendiri untuk menghadapi keadaan darurat tersebut dan meningkatkan kewaspadaan serta meningkatkan kesadaran tentang akan bencana yang tidak di harapkan. Training Emergency Response Plan and Preparedness atau Training Perencanaan Tanggap Darurat dan Persiapannya menjadi wahana yang dapat mempersiapkan organisasi dalam menghadapi kedaruratan.

SILABUS TRAINING (2 HARI)

  1. Pentingnya perencanaan dan kesiapan menghadapi situasi darurat
  2. Definisi
  3. Beberapa macam situasi darurat
  4. Perencanaan yang efektif
  5. Elemen-elemen dalam rencana dan kesiapan tanggap darurat
  6. Mengembangkan Rencana Tanggap Darurat
  7. P3K dalam Rencana Tanggap Darurat

JADWAL PELAKSANAAN & PENDAFTARAN

Training dilaksanakan selama 2 hari. Jadwal Pelaksanaan Training pada tanggal : 8-9 Oktober 2019 dengan   trainer : Ade Warmyza. Informasi lebih lanjut Hubungi : Riri (Telp/WA : 083806072080). Pendaftaran Online silahkan isi form di bawah ini :

REKOMENDASI TRAINING


Review Training

Powered by WP Review