pengembangan sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah salah satu komponen vital yang menggerakkan organisasi terdiri dari individu yang produktif yang berfungsi pula sebagai asset yang terus-menerus dikembangkan dan dilatih pengetahuan dan keahliannya. Secara umum sumber daya manusia dari dua jenis yaitu SDM makro berupa jumlah penduduk yang ada dalam rentang usia produktif dan SDM mikro yang merupakan individu atau personel yang bekerja pada suatu organisasi. Karena karyawan adalah asset perusahaan maka pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia menjadi mutlak diperlukan.

Definisi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pengembangan sumber daya manusia adalah suatu rangkaian kegiatan organisasi atau institusi yang dilaksanakan dalam interval waktu tertentu dan di desain untuk melahirkan perubahan sikap mental dan keahlian karyawan sehingga mereka mampu menyelesaikan penugasan yang berhubungan dengan peran dan tanggungjawabnya di masa depan. Pengembangan SDM juga adalah salah satu cara dalam menghadapi tantangan yang berkaitan dengan dinamika persoalan sumber daya manusia seperti : turn over karyawan, karyawan yang kompetensinya terbatas, diversifikasi tenaga kerja, dsb.

Pengembangan sumber daya manusia biasanya terkait dengan upaya upgrade kemampuan intelektural atau emosional yang dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerja sehingga menjadi lebih baik lagi. Pengembangan ini dilandaskan pada kenyataaan bahwa setiap karyawan memerlukan pengetahuan, kompetensi, dan kebutuhan untuk berkembang supaya bisa bekerja dengan baik dan dapat meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. Persiapan jenjang karir dalam jangka waktu panjang untuk serangkaian posisi dan jabatan tertentu inilah yang dipahami sebagai proses pengembangan sumber daya manusia.

Bentuk Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pada program pengembangan sumber daya manusia maka harus dicantumkan sasaran, kebijakan prosedur, anggaran peserta, kurikulum, dan waktu pelaksanaan. Prinsip pengembangan SDM adalah peningkatan efektivitas dan efisiensi kerja masing-masing karyawa di posisi dan jabatannya. Program pengembangan suatu organisasi hendaknya di informasikan secara terbuka kepada semua karyawan agar mereka dapat mempersiapkan dirinya menghadapi proses pengembangan tsb.

Pengembangan Informal

Pengembangan sumber daya manusia informal adalah suatu proses dimana karyawan atas kemauannya sendiri mengembangkan dirinya melalui usaha mandiri dengan membaca buku atau mengikuti training atas biaya sendiri agar dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Pengembangan tipe ini menunjukkan karyawan bersangkutan punya keinginan yang keras untuk maju dalam meningkatkan kinerjanya.

Pengembangan Formal

Pengembangan sumber daya manusia formal adalah dimana karyawan ditugaskan secara khusus oleh perusahaan untuk mengikuti training atau pendidikan baik yang dilakukan secara internal di perusahaan atau di lembaga-lembaga pelatihan yang menjadi mitra perusahaan. Pengembangan ini diperlukan karena tuntutan pekerjaan saat ini ataupun di  masa mendatang dan juga rencana pengembangan karir karyawan bersangkutan. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia memerlukan biaya yang tidak sedikit namun investasi ini akan bermanfaat karena akan menyumbang balik kepada perusahaan dalam bentuk produktvitas kerja yang meningkat serta kinerja karyawan yang semakin efisien dan efektif.

Tujuan Pengembangan SDM

Tujuan pengembangan sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja karyawan sehingga dapat mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Perbaikan efektivitas dan efisiensi kerja dapat dilakukan dengan cara memperbaiki pengetahuan karyawan, memberikan pelatihan kompetensi, dan yang terpenting merubah sikap dan mentalitas karyawan dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya. Setidaknya ada 11 tujuan pengembangan antara lain : produktivitas, efisiensi, mengurangi kerusakan, minimalisasi kecelakaan, meningkatkan kualitas pelayanan, mengembangkan moralitas, peningkatan karir, kemampuan konseptual, kepemimpinan, kontrapretasi (balas jasa), dan kepuasan konsumen.

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Deskripsi Program Training

Edukatama menyelenggarakan training pengembangan sumber daya manusia sebagai berikut :

A. Training Manajemen Waktu

Training Manajemen Waktu dan Bekerja Cerdas. Training ini adalah training yang mengajarkan bagaimana cara menghemat waktu. Identifikasi penyebab menunda waktu, dan kompetensi dalam optimalisasi kinerja. Di tengah kesibukan kerja yang luar biasa maka kemampuan manajemen waktu dan bekerja dengan cerdas menjadi kunci untuk tetap kompetitif dan produktif dalam menghadapi persaingan bisnis ataupun persaingan dunia kerja.

Training Time and Priority Management untuk Produktivitas Diri. Pelatihan yang ditujukan kepada mereka agar bisa mengatur waktu berbasis manajemen prioritas sehingga meningkatkan produktivitas diri. Prioritas menjadi skala acu untuk menentukan mana tugas yang harus diseleaikan terlebih dulu. Dengan konsep pemahaman pareto, skala prioritas dalam mengelola waktu menjadi kunci sukses manajemen waktu dan peningkatan produktivitas diri.

B. Pelatihan Train the Trainer

Pelatihan Train the Trainer. Pelatihan yang membekali peserta training untuk menjadi trainer yang terampil dalam mendesain materi dan kurikulum pelatihan. Seorang trainer tidak saja harus menguasai kemampuan materi training yang akan diajarkan tapi juga harus mampu dan terampil dalam mendesain kurikulum dan materi pelatihan. Mempresentasikannya secara menarik dan interaktif juga bagian penting dalam kesuksesan sebagai seorang trainer.

Training for Trainer. Pelatihan bagi para calon trainer atau instruktur secara terpadu sehingga menjadi seorang trainer yang kompeten sehingga mampu mendesain silabus, materi training dan presentasi, sekaligus mengajarkannya dengan cara yang menarik dan efektif sehingga dapat dipahami oleh peserta training.

C. Training Pengelolaan Lembaga Pelatihan Kerja

Training Pengelolaan Lembaga Pelatihan Kerja. Training pengelolaan lembaga pelatihan kerja ditujukan untuk profesi personil atau individu yang melaksanakan perancangan program dan modul pelatihan kerja. Perancangan progam dan modul pelatihan kerja dan menjadi awal kesuksesan dalam mengelola balai latihan kerja dan memastikan penyampaian training secara menarik, interaktif, dan berfokus pada kompetensi menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pelatihan kerja yang efektif.

Training Pelaksanaan Program Pelatihan Tatap Muka. Pelatihan untuk mempersiapkan peserta memperoleh sertifikasi kompetensi sebagai trainer.

Training Pelaksanaan Evaluasi dan Monitoring Program Pelatihan. Pelatihan yang bertujuan meningkatkan skill pelaksanaan evaluasi dan monitoring program pelatihan.

D. Training UU No.13/2003 Ketenagakerjaan

Training Pemahaman UU No.13/2003 Ketenagakerjaan. Training pemahaman UU No.13/2003 Ketenagakerjaan membantu pihak-pihak terkait untuk memahami isi yang tersurat dan tersirat dalam UU tsb. Training ini memastikan pihak terkai di dalam industri atau perusahaan khususnya direksi dan manager HRD memahami aspek-aspek penting UU No.13/2003 Ketenagakerjaan sehingga dapat mengimplementasikannya di dalam kerangka kerja dan hubungan dengan karyawan. Keberhasilan implementasinya menjadi kunci sukses perusahaan karena tenaga kerja adalah asset produksi paling penting di dalam perusahaan.

E. Training Rekruitmen

Training Recruitment anda Selection Based Compentency. Training yang mengajarkan konsep, proses, dan metode yang wajib dikuasai untuk memperoleh SDM yang berkualitas. Proses rekruitment dan seleksi berbasis kompetensi akan memastikan bahwa karyawan yang direkrut sesuai kebutuhan perusahaan baik dilihat secara kompetensi, sikap mental psikologi, dan latar belakang pendidikan.

Program Pelatihan Pengembagan Sumber Daya Manusia

1. Training Manajemen Waktu dan Bekerja Cerdas.

2. Pelatihan Train the Trainer.

3. Training Pengelolaan Lembaga Pelatihan Kerja.

4. Training Pelaksanaan Program Pelatihan Tatap Muka.

5. Training Pelaksanaan Evaluasi dan Monitoring Program Pelatihan.

6. Training Pemahaman UU No.13/2003 Ketenagakerjaan.

7. Training Recruitment anda Selection Based Compentency.

8. Training Time and Priority Management untuk Produktivitas Diri.

9. Training for Trainer.

Informasi Training dan Pendaftaran

Untuk informasi lebih lanjut mengenai training pengembangan sumber daya manusia silahkan kontak kami melalui telp/WA sebagai berikut : 083806072080 atau 0811-8888-657 atau kunjungi kantor kami : Jl. Usman Harun UU Komplek Arafat No. F3 Kebon Pala, Kec. Makasar, Jakarta Timur.