Sertifikasi Internasional

Mengapa Perlu Memiliki Sertifikasi Internasional?

Ada banyak hal yang dapat menjadi alasan mengapa kita memerlukan sertifikasi internasional di bidang teknologi informasi. Yang utama tentu adalah bahwa kepemilikan sertifikasi internasional menunjukkan kredibilitas pemiliknya. Bahwa yang bersangkutan memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang yang sesuai dengan sertifikasi yang dimilikinya.

Kepemilikan sertifikasi ini menunjukkan keunggulan daya saingnya terhadap pencari kerja lain yang ingin berkiprah di industri IT. Di mata perusahaan juga mereka yang memiliki sertifikasi memiliki daya tawar yang tinggi. Sehingga dapat bernegosiasi dengan perusahaan untuk benefit dan kompensasi yang lebih menarik. Di tengah pasar global pun para pemilik sertifikasi internasional menjadi sasaran para employer untuk mendapatkan SDM yang berkualitas.

Kiat Menuju Kesuksesan Profesi

Jikalau Anda ingin bekerja di bidang teknologi jaringan komputer maka kepemilikan sertifikasi internasional dari vendor produk jaringan komputer menjadi prasyarat utama. Supaya dapat diterima bekerja bersama dengan mereka. Salah satu jenis sertifikasi internasional adalah sertifikasi dari Cisco System. Salah satu vendor produk jaringan komputer terkemuka di dunia, Cisco mengeluarkan banyak sekali jenis sertifikasi yang biasa disebut sebagai Cisco Certified atau Sertifikasi Cisco, antara lain : Sertifikasi CCNA, Sertifikasi CCNP, dan Sertifikasi CCIE. Dengan sertifikasi Cisco ini Anda dapat bekerja sebagai Network Engineer di berbagai perusahaan besar.  Karena kualifikasi Anda sebagai engineer jaringan komputer dengan skala enterprise yang banyak dibutuhkan perusahaan besar.

Salah satu sertifikasi populer lainnya di bidang jaringan komputer adalah Mikrotik. Walau tidak sepopuler Cisco dalam skala global. Namun menjadi alternatif sertifikasi jaringan komputer yang cukup populer khususnya di Indonesia. Karena produk mikrotik banyak digunakan oleh perusahaan UKM atau warnet di seluruh Indonesia. Ini karena harganya terjangkau dan fiturnya cukup banyak. Oleh karenanya, kebutuhan Network Engineer berbasis produk mikrotik juga sangat banyak di negara ini. Beberapa sertifikasi yang cukup terkenal adalah : MTCNA dan MTCRE. Untuk mendapatkan sertifikasi internasional maka kita perlu mengikuti ujian sertifikasi internasional.

sertifikasi internasional

Sertifikasi Internasional Lainnya

Masih di bidang teknologi informasi, ada juga banyak sertifikasi lain dari berbagai sub bidang teknologi informasi seperti bidang IT Management.  Seperti : ITIL untuk operasional teknologi informasi, Sertifikasi COBIT untuk tata kelola IT, CISA untuk sertifikasi audit IT, TOGAF untuk enterprise architecture IT.  Kepemilikan sertifikasi tsb juga meningkatkan nilai jual pemiliknya di mata perusahaan karena kebutuhan akan SDM yang terampil di bidang IT Management. Ditambah pula yang punya sertifikasi ini juga jumlahnya tak cukup banyak.

Selain itu masih banyak lagi sertifikasi internasional di bidang IT, ada sertifikasi internasional di bidang programming, desain digital, pemasaran digital, data center, keamanan teknologi informasi, dan sebagainya. Banyaknya jenis sertifikasi IT karena banyaknya sub bidang teknologi informasi sehingga tak mungkin seseorang dapat menguasai bidang teknologi informasi seluruhnya. Semakin profesional seorang tenaga ahli IT maka semakin terspesialisasi di dalam salah satu bidang. Agar keahlian spesial ini diakui kredibilitasnya maka memiliki sertifikasi internasional di bidang spesialisasinya menjadi suatu keharusan.

Informasi Lebih Lanjut

Edukatama bekerjasama dengan NetCampus Training Center menyelenggarakan ujian sertifikasi internasional bidang teknologi informasi berikut dengan training yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian tersebut. Bila Anda ingin mendapatkan informasi lebih jauh mengenai training dengan sertifikasi internasional silahkan kontak kami : Telp/WA 0811-8888-657 a.n Sumiyati.