Mari kita bahas sedikit mengenai laptop.Laptop ialah alat elektronik yang umum digunakan oleh orang-orang untuk bekerja ataupun belajar. Mengapa demikian, karena kemudahannya untuk digunakan, apalagi ketika sedang berada di luar ruangan. Laptop yang memiliki ukuran lebih praktis dan berat yang lebih ringan ini memudahkan pemakainya untuk membawanya kemanapun yang kita inginkan. Bermacam-macam jenis laptop dengan berbagai tingkat kualitas yang ditawarkan sekarang ini. Mulai dari laptop yang standar hingga laptop gamer yang memiliki kualitas tinggi. Sebagai pengguna tentunya menginginkan kinerja optimal dari laptop yang kita miliki agar bisa belajar, bermain, dan juga bekerja dengan baik menggunakan laptop kita. Untuk itu, kita perlu memberikan perhatian terhadap kualitas kerja laptop kita dan menjaganya agar tetap awet dan berjalan dengan semestinya.

Yang sering kali terjadi atau kita temuai pada laptop yang kita miliki salah satunya adalah laptop kita terkena serangan virus yang membuat perangkat kita tidak bekerja secara optimal. Virus atau malware merupakan penyakit yang sering muncul dan dialami pada perangkat elektronik. Virus yang menyerang perangkat elektronik ini dapat memasang dirinya sendiri untuk menyerang perangkat elektronik seperti laptop. Tujuan virus mengganggu sebuah perangkat untuk menyebarkan diri dan kemudian mengambil data-data yang ada di dalam perangkat tersebut. Semakin berkembang kecanggihan virus yang menyerang, maka semakin halus pula cara kerja mereka dalam menjangkiti perangkat yang kita miliki.

Lalu bagaimanakah tanda-tanda jika laptop kita sedang terkena virus? Mari kita simak beberapa tanda yang dapat dikenali apabila laptop Anda kurang bekerja secara optimal karena kemungkinan terserang virus, berikut beberapa tanda-tandanya :

Kinerja Laptop Yang Semakin Melambat

Hal ini terjadi bila kita membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk memulai sebuah program atau perlu waktu yang lebih lama untuk membuka sebuah aplikasi, pertama periksa terlebih dahulu apakah ada permasalahan pada memori RAM atau ruang hard disk. Jika tidak ada, maka pelakunya bisa saja adalah virus.

Munculnya Iklan Pop-up Yidak Terduga

Munculnya iklan pop-up pada layar laptop yang tidak terduga merupakan salah satu tanda laptop sedang terkena virus yang khas. Tidak hanya akan mengganggu, malware lain mungkin juga bersembunyi dan bersiap untuk menambah gangguan pada perangkat yang digunakan.

Ruang Penyimpanan Berkurang / Penuh

Memori yang berkurang atau penuh secara tiba-tiba bisa menjadi ciri-ciri laptop terkena virus. Ini bisa terjadi karena malware atau virus diam-diam mengunduh file atau menginstal program di ruang penyimpanan. Bisa juga menandakan bahwa virus telah menggandakan dirinya di dalam laptop tanpa disadari.

File rusak, hilang atau terkunci

Ketika ditemukan beberapa file rusak atau hilang, mungkin Anda perlu waspada sebab ini bisa jadi salah satu tanda virus sudah mulai menyerang laptop. Virus biasanya bekerja dengan menghapus file pada komputer. Banyak juga virus yang bekerja dengan menyembunyikan file-file penting pada komputer, ada juga virus yang mengunci file agar tidak bisa diakses oleh pengguna.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasinya adalah dengan mem-backup data penting secara berkala sehingga Anda tidak perlu khawatir data Anda akan rusak, hilang ataupun terkunci.

Email Dibajak

Jika Anda mulai menerima email atau pesan instan dari jejaring sosial Anda, dan meminta untuk mengklik lampiran atau tautan tertentu, kemungkinan ada virus yang mencoba menyebar ke komputer lain melalui akun Anda.

Jika Anda mengalami hal tersebut, segera ganti kata sandi email atau akun sosial media Anda.

Antivirus mendadak mati

Virus merupakan perangkat lunak yang memiliki berbagai kemampuan, salah satunya merusak program. Ada beberapa virus yang memang dirancang untuk menonaktifkan sistem antivirus pada komputer Anda. Untuk itu pastikan antivirus selalu hidup dan lakukan scanning virus secara berkala untuk menghindari laptop terkena virus.

Aktivitas Hard Drive yang Mencurigakan

Hard disk yang terlalu aktif juga bisa menjadi ciri-ciri laptop terkena virus. Aktivitas hard drive yang biasanya memunculkan suara terus-menerus atau terus-menerus berputar, meskipun Anda tidak menggunakan komputer Anda atau menjalankan program apa pun, dapat menjadi tanda bahwa PC Anda terinfeksi virus.

Sering restart dan mati mendadak

Kasus seperti ini biasanya terjadi kalau penyebaran virus sudah meluas. Laptop akan melakukan restart sendiri atau mati mendadak karena hang ataupun freeze yang ditimbulkan oleh virus. Ini terjadi saat kinerja laptop sudah penuh mulai dari prosesor, RAM dan hardisk sehingga sistem secara otomatis melakukan restart untuk menghindarkan overheating.